Spesifikasi Redmi Note 7 Vs ASUS Zenfone Max Pro M2

Masyarakat Indonesia disuguhi smartphone kelas menengah yang cukup bervariasi di tahun 2018 dan 2019. Perbandingan spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2 vs Redmi Note 7 sangat dinanti mengingat keduanya hadir di kelas yang sama. Xiaomi Redmi Note 7 hadir di Indonesia pada akhir maret 2019.

Ia diharapkan menjadi penerus Redmi yang sebelumnya mendapatkan sambutan yang positif dari para penggemar smartphone menengah. sementara, Asus Zenfone Max Pro M2 masuk ke Indonesia pada 11 Desember 2018 dengan membawa spesifikasi menawan di kelas menengah.

2.-Kapasitas-Baterai-Besar

Perbedaan Asus Zenfone Max Pro M2 vs Xiaomi Redmi Note 7

1. Dapur Pacu Zenfone Max Pro M2 vs Redmi Note 7

Untuk yang pertama kita mulai dari dapur pacu yang dibenamkan di kedua smartphone tersebut. Keduanya baik Zenfone Max Pro M2 dan juga Redmi Note 7 sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 660. Keduanya juga sama-sama memiliki varian RAM dan juga ROM yang sama yaitu 3GB/32GB, 4GB/64GB, 6GB/64GB. Xiaomi Redmi Note 7 sudah menggunakan Android Pie sedangkan Asus Zenfone Max Pro M2 masih berbasis pada Android Oreo.

Namun ternyata ada yang membedakan, yaitu kapasitas dukungan MicroSD yang dapat dibenamkan di keduanya. Untuk Zenfone Max Pro M2 mampu disematkan MicroSD hingga kapasitas 512 GB. Sedangkan Redmi Note 7 hanya mampu disematkan MicroSD dengan kapasitas hingga 256GB saja. Selain itu, ASUS bisa memberi rasa nyaman kepada pengguna karena menyisipkan baki slot microSD secara mandiri. Berbeda dengan Redmi Note 7 yang punya baki untuk microSD dengan mengorban penggunaan kartu SIM kedua.

2. Desain dan Layar Zenfone Max Pro M2 vs Redmi Note 7

Dari segi design Note 7 menggunakan bahan kaca dibagian belakangnya yang sudah berjenis corning gorilla glass 5, hal yang sama juga dengan bagian depan layar. Sedangkan Zenfone Max Pro M2 masih menggunakan bahan plastik yang terlihat seperti kaca karena memantulkan cahaya bila terkena sinar.

Untuk urusan layarnya, Zenfone Max Pro M2 memiliki layar dengan ukuran 6,2 inchi sedangkan Redmi Note 7 memiliki ukuran layar 6,3 inchi. Untuk resolusinya, keduanya sama-sama sudah FullHD+ dengan aspek ratio 19:9 untuk Zenfone Max Pro M2 dan 19,5:9 untuk Redmi Note 7. Untuk perlindungan layarnya, Asus Zenfone Max Pro M2 lebih unggul karena sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 6, sementara Redmi Note 7 baru menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Untuk desain poninya, Zenfone Max Pro M2 memiliki desain poni seperti trapesium yang terbalik. Sementara untuk poni Redmi Note 7 memiliki desain poni tetesan air (water drop). Untuk warna bodi belakangnya, keduanya memiliki warna gradasi namun Redmi Note 7 terlihat lebih menarik warnanya. Mengenai fitur keamanan, keduanya sama-sama memiliki fitur fingerprint sensor konvensional yang letaknya di bagian belakang.

Sedangkan dari sisi bezzel, bezzel atas, kanan dan kiri kedua nya sudah sama-sama tipis, hanya bezzel bawah nya saja yang sama-sama masih terlihat sedikit tebal. Dari segi desain menurut kami, Redmi Note 7 tampil lebih unggul dengan desain yang kokoh, dan terasa premium di tangan karena sudah menggunakan material kaca

3. Kamera Zenfone Max Pro M2 vs Redmi Note 7

Jika berbicara mengenai masalah kamera secara angka, Redmi Note 7 tentu menang karena dalam spesifikasinya Redmi Note 7 dibekali kamera utama 48 MP. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 hanya memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP saja. Konfigurasi kamera belakang Redmi Note 7 yaitu 48 MP dengan aperture f/1.8 dan kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.4.

Sedangkan untuk Konfigurasi kamera belakang Zenfone Max Pro M2 yaitu 12 MP dengan aperture f/1.8 dan kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.4. Asus Zenfone Max Pro M2 dilengkapi kamera utama dengan kemampuan 12 MP (f/1.8) 1.25 mikron depth sensor dan 5 MP (f/2.4) 1.12 mikron. Beberapa fitur penting pada kamera utamanya antara lain pengambilan gambar HDR, panorama, perekaman video 2160 piksel 30fps, 1080 piksel 30fps, 720 piksel 120 fps, Electronic Image Stabilization (EIS) dan Gyro. Sementara itu untuk kamera depannya, baik Asus Zenfone Max Pro M2 dan juga Redmi Note 7 sama-sama dibekali dengan lensa 13 MP.

4. Baterai

jika kamera Asus Zenfone Max Pro M2 yang mungkin tidak begitu bagus hasilnya, handset ini memenangkan perbandingan dalam hal daya tahan baterai, berkat unit 5000 mAh yang sangat besar. Ini bisa bertahan lebih dari dua hari dengan penggunaan maksimal dan bisa mencapai tiga hari jika dalam penggunaan standar. Di tempat kedua, ada Xiaomi Redmi Note 7 dengan unit 4000 mAh.

5. Fitur Lainnya

Keduanya sama-sama telah memiliki FM Radio, GPS, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, Face Unlock dan port jack audio 3,5mm. Apabila Redmi Note 7 menggunakan port USB Type-C, berbeda dengan Zenfone Max Pro M2 yang menggunakan port microUSB 2.0.

duo-asus-baru

Kekurangan Asus Zenfone Max Pro M2

  • Kualitas Kamera Biasa Saja

Kamera memang bukan nilai jual dari smartphone ini, tak heran jika kualitas gambar yang dihasilkan terasa biasa-biasa saja. Meskipun telah mengalami peningkatan dari pendahulunya, masih banyak smartphone dengan range harga setara yang memiliki kualitas foto yang lebih baik.

  • Bagian Belakang Mudah Kotor

Karena bagian body belakang dari smartphone ini menggunakan polycarbonat yang glossy, sidik jari akan mudah menempel, sehingga bagian belakang akan terlihat kotor. Selain mudah kotor, bahan seperti ini juga sangat licin, sehingga rentan terlepas dari genggaman. Apalagi jika Anda menggunakannya sambil tiduran.

  • Masih Menggunakan microUSB 2.0

Ketika para pesaing sudah mulai menggunakan port USB Type-C. Asus tetap menyematkan port USB 2.0 yang sudah ketinggalan zaman. Padahal, dengan menggunakan USB Type-C proses pemindahan file akan menjadi lebih cepat dan lebih fleksibel karena bisa dibolak-balik.

  • Tidak Support Fast Charging

Sama dengan pendahulunya, Asus tidak membenahi sektor pengisian daya dengan tidak menambahkan fitur fast charging pada smartphone ini. Alhasil, dengan kapasitas daya yang melebihi ponsel pintar pada umumnya , Asus Max Pro M2 memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya hingga penuh. Anda harus menunggu setidaknya 2,5-3 jam sampai terisi full.

  • Material Bodi Plastik

Meski memberikan kesan mewah dan premium, ternyata Zenfone Max Pro M2 dibalut bodi bermaterial plastik. Ya, memang Asus terpaksa mengorbankan bagian ini untuk memangkas harga, karena telah begitu jorjoran untuk sektor jeroan.

810514_720

Kekurangan Redmi Note 7

  • Slot Hybrid

Sayangnya, Redmi Note 7 ini menggunakan slot hybrid, yaitu hanya memiliki dua penyimpanan pada slot-nya. Hal ini mengharuskan penggunanya untuk memilih, ingin menggunakan dual SIM atau satu kartu SIM dan satu microSD card.

  • Kamera Depan Tanpa LED Flash

Beberapa orang mempertimbangkan smartphone dari fitur kameranya. Walaupun kamera depan dari ponsel ini sudah 13MP, akan tetapi belum ada LED flash pada kameranya. Tanpa dukungan LED flash, kamera selfie Redmi Note 7 tidak akan menghasilkan foto dengan kualitas sempurna di kondisi pencahayaan gelap. Ini artinya Anda harus selfie di tempat-tempat dengan kondisi terang. Padahal sayang sekali, kamera selfie 13MP seharusnya bisa menghasilkan foto selfie yang berkualitas.

  • Tidak Ada NFC

Redmi Note 7 juga tak memiliki fitur NFC atau Near Field Communication. Pada smartphone, teknologi NFC ini dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai yang biasa dipakai untuk alat pembayaran. Ya, dengan NFC, Anda dapat melakukan pembayaran dengan sekali tap saja. Selain itu, NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer data dengan lebih mudah, hingga menjalankan sebuah aplikasi secara otomatis.

Nah, jika melihat perbandingkan spesifikasi dari kedua smartphone tersebut di atas mana yang akan menjadi pilihan anda semua? Tentunya juga tergantung selera masing-masing konsumen, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *