Android Nokia 6 Resmi Dirilis di Tahun 2017

Kebutuhan dan permintaan masyarakat akan Handphone semakin hari semakin meningkat dan akan terus meningkat setiap harinya. Hal ini membuat industri teknologi handphone terus melakukan pembaharuan pada produk-produk yang mereka jual di masyarakat, agar mereka tidak kalah bersaing dengan industri handphone lainnya.

nokia-come-back

Lama menghilang, Nokia merupakan handphone yang berasal dari Finlandia ini kembali muncul ke permukaan, dengan sebuah gebrakan terbaru, yang akan meramaikan industri handphone di seluruh dunia. Dimana saat ini industri teknologi khususnya handphone, sedang gencar-gencarnya untuk meluncuran android-android terbaru.

Tak mau kalah dengan perusahaan lainnya, Nokia akhirnya meluncurkan ponsel Android pertamanya. Ponsel android Nokia pertama ini diberi nama Nokia 6, yang dirilis oleh perusahaan HMD Global, yang dipercaya oleh Nokia untuk membuat dan mengedarkan smartphone-nya dengan sistem lisensi. Nokia 6 saat ini, ternyata ditujukan untuk pasar China dengan harga  USD 246 atau jika dirupiahkan berkisar Rp 3,2 juta.

nokia-6-220x220

Nokia 6 ini adalah smartphone pertama Nokia yang diluncurkan di tahun 2017 ini, setelah lama absen sejak tahun 2014, karena Microsoft yang merupakan pemilik brand memutuskan, untuk tidak membuat ponsel cerdas Nokia lagi pada saat itu. Kemudian, lisensi brand Nokia telah diserahkan Microsoft kepada HMD, yang juga berbasis di Finlandia, sehingga smartphone ini akhirnya lahir sebagai produk perdana Nokia.

Smartphone Nokia 6 ini dibuat oleh Foxconn dan dijual secara ekslusif di China melalui retail online JD. Menurut HMD, China adalah pasar yang penting secara strategis. Perusahaan Nokia dulu memang pernah meluncurkan ponsel berbau Android, bernama Nokia X saat masih bersama Microsoft. Namun Nokia X tidak menampilkan Android secara murni dan penampilannya juga masih mirip dengan Windows Phone. Setelah di China, HMD memperkirakan akan memasarkan ponsel Nokia ini diberbagai belahan dunia.

Dengan harga yang dimilikinya, yaitu USD 246 atau Rp 3,2 juta, Harga ponsel android Nokia 6 ini tidak bisa dikategorikan murah, tapi juga tidak terlalu mahal. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, masyarakat tidak akan sulit untuk mendapatkannya.

Apa-apa saja spesifikasi Ponsel Android Nokia 6?

nokia-6-250x242

Nokia 6 ini mengusung layar 5,5 inch dengan resolusi full HD 1080p, dengan bungkus Gorilla Glass 2,5D, dan desain premium. Bagian dalamnya juga dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430. Nokia 6 memiliki RAM sebesar 4 GB, dan storage internal 64 GB. Android Nokia 6 ini merupakan smartphone, yang sudah mendukung jaringan 4G LTE, dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat terbaru. Nokia 6 ini memiliki dual amplifier, yang menghantarkan suara sebesar 6dB, yang lebih keras, lengkap dengan Dolby Atmos yang membuatnya semburan audionya menjadi lebih powerful. Pada sektor kameranya, Nokia 6 ini mengusung resolusi 16 megapixel pada kamera belakang, dan 8 megapixel pada kamera depan. Untuk kapasitas baterainya sendiri, masih belum diketahui.

Tapi sangat disayangkan, karena Android Nokia 6 ini masih akan dipasarkan di pasar China saja. Keputusan untuk meluncurkan smartphone pertama Android Nokia 6 hanya untuk pasar China, disebabkan karena menurut HMD, pasar china merupakan refleksi dari keinginan untuk memenuhi kebutuhan di pasar global yang berbeda-beda. China adalah pasar dengan jumlah pengguna smartphone lebih dari 552 juta pada tahun 2016 dan dibutuhkan strategi yang tepat untuk menghadirkan smartphone dengan desain premium dan kualitas yang sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar di negara ini.

Dengan diluncurkannya ponsel Android Nokia 6  ini, mungkin akan menjadi awal untuk membawa Perusahaan Nokia kembali merebut posisi pentingnya kembali, di industri handphone seperti dahulu.
Namun, masih terlalu dini untuk memperkirakan, apakah ponsel Android Nokia ini akan berjaya kembali seperti dulu. Walaupun begitu, kemunculan Nokia ini harus disambut untuk memeriahkan industri smartphone dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *